Rabu, 02 Juni 2010

R I N I

Novel karangan Yoseph Iskandar, diterbitkan oleh Pusaka Dasentra di Bandung tahun 1983. buku ini berukuran 18 cm x 12 cm, dengan tebal 99 halaman.
Dalam novel ini pengarang mengemukakan masalah ajaran moral dan pendidikan. Pacaran dengan adik ipar menimbulkan cerai dengan istri dan dikeluarkan sebagai karyawan. Orang yang berkorban demi kebaikan dapat balasan yang lebih baik. Novel ini menggambarkan penderitaan akibat ulah sendiri.

Ringkasan Ceritera
Akibat Lina keterlaluan dikekang orang tuanya, akhirnya berumah tangga dengan Yudi, tetapi tidak harmonis. Yudi pulang menengok ibunya yang sakit, setelah menerima telepun. Lina tidak ikut sebab lebih penting arisan.
Rini adik Lina dilatih drama oleh Yudi. Lina cerai dengan Yudi sudah dalam pembicaraan. Senyum Rini semakin memikat asmara Yudi. Rini sebenarnya pacar Wandi, tetapi seusai drama Rini melihat Wandi berpacaran dengan Sri Asturi. Rini minta pulang dan diantar Yudi. Sampai di rumah orang tua dan tetngganya sedang tidak ada. Dalam kegelapan bangkit asmara Yudi dan Rini. Yudi dan Rini saling mencintai.
Yudi jatuh sakit. Hubungannya dengan Rini, Yudi ceritakan pada Lina. Lina minta cerai. Lina dicerai oleh Yudi. Rini memutuskan cintanya pada Yudi setelah mendapat berita dari Lina tentang hubungan Lina dengan Yudi.
Dalam keadaan sakit datang Wandi yang hendak menolong Yudi dengan cara menyarankan Rini harus dapat mengobati Yudi. Lina, Farid dan Rini mendatangi Yudi yang masih sakit untuk menanyakan cinta Yudi pada Lina. Lina akan kawin dengan Drs. H. Farid Hanafiah Ibrahim.
Akan nikah Lina dengan Drs. H. Farid Hanafiah Ibrahim berlangsung pukul 09.00. pada saat yang sama Yudi menerima surat, Yudi dikeluarkan sebagai karyawan majalah Panggung Indonesia.
Dengan menggunakan sisa uang pesanggon, Yudi menulis novel yang berjudul Rini dan dapat ditrbitkan. Yudi marah-marah akan nasibnya.
Novel yang berjejer di atas bupet dipukuli, keadaan menjadi berantakan. Sambil melamun, Yudi menatap novel yang ditampar ke arah pintu. Di samping ada betis yang berdiri, dia adalah Rini yang datang. Yudi bersalaman dengan Rini.

PUSAT PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN BAHASA
DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
1986

Tidak ada komentar:

Posting Komentar